Perlu saya jelaskan perbedaan fungsi form contact me dengan kolom komentar yang tersedia di setiap postingan. Form contact me fungsinya untuk mengirim pesan secara khusus terhadap admin/pemilik blog karena komentar atau pertanyaan pengunjung blog tidak ingin diketahui oleh pengunjung atau pembaca lain selain admin/pemilik blog, sedangkan kolom komentar yang tersedia di setiap postingan fungsinya juga untuk mengirim pesan tetapi sifatnya publik dimana bisa di baca/dilihat sama pengunjung lainnya. Langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat Form Contact me sebagai berikut :

  • Login ke admin wordpress.com,
  • pilih menu Page/Halaman, Lalu klik Add New/Tambah Baru (ini contoh untuk membuat form kontak yang disisipkan pada menu Halaman).
  • Setelah kotak dialog Add New/Halaman Baru aktif, tentukan nama halamannya sebagai contoh saya memberi nama halaman Contact Me
  • Lalu Klik Add a Custom Form (letak add a custom Form berada di : Upload/insert :     Add Poll  Add a custom form   ← klik icon yang terakhir)
  • Sekarang anda akan dihadapkan pada kotak dialog Add a custom form yang terdiri dari Form builder (untuk melakukan proses pembuatan form) dan Email notifications (untuk menentukan alamat Email pemberitahuan). Secara standar tampilan form pada Add a custom form terdiri dari field : Name, Email, Website, dan Comment.

  • Untuk melakukan perubahan pada form standar yang sudah tersedia otomatis, pindahkan pointer mouse pada form yang hendak anda ubah atau pindahkan posisinya letaknya. Setelah pointer mouse diarahkan pada form/field tertentu, maka akan tampil pilihan move (pindah) dan edit (rubah). Sedangkan untuk yang bertanda min/strip (-) yang terletak pada samping setiap form/field, fungsinya untuk menghapus form/field yang salah atau yang ingin anda buang karena tidak diperlukan. Dibawah juga tersedia link Add a new field, ini berguna untuk menambah form/field.

  • Jika kita memilih Edit dan Add a new field maka pada samping kanan kita akan dihadapkan pada kotak dialog seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Silahkan anda tentukan setiap field sesuai kebutuhan. Anda juga dapat memilih atau memberi tanda centang (Required) pada setiap form/field yang ingin anda tentukan meski wajib untuk diisi setiap pengunjung yang hendak mengirim pesan melalui form kontak yang anda buat.

  • Proses selanjutnya sekarang pilih Email notifications (untuk menentukan alamat Email pemberitahuan) jika ada yang mengirim pesan melalui form yang anda buat.
  • Disini anda dapat menambahkan subject line be, contoh Ringkasan untuk mengisi waktu luang. Klik Save and go back to form builder, untuk menyimpan pengaturan surat elektronik yang telah anda buat serta kembali ke submenu form builder.
  • Pada submenu Form builder klik juga Add this form to my post, untuk menambah form yang telah anda buat sekaligus disisipkan pada halaman baru blog anda. Maka pada mode visual akan terbuat script form yang telah anda buat atau aktifkan.
  • Sebetulnya sampai tahap ini proses pembuatan atau pengaktifpan form sudah selesai tinggal anda modifikasi. Sebagai contoh seperti form Contact Me yang ada pada menu halaman blog saya disitu tidak tersedia kotak komentar.
  • Cara untuk menonaktfikan kotak komentar pada halaman tertentu adalah, pada layar kerja Page/Halaman, pilih Screen Option/Opsi Layar (terletak pada bagian atas kanan) lalu aktifkan atau centang pada pilihan Diskusi. Maka pada posisi bawah kotak post editor akan tampak sebuah pengaturan Diskusi,
  • hilangkan tanda centang pada Allow Comment/Izinkan Komentar.
  • Selesai, silahkan klik Publish/Terbitkan untuk menerbitkan halaman baru yang bersisi form kontak yang telah anda buat.

Semangat Browww,,,,Semoga Bermanfaat ya Sob…